1. Hardware atau perangkat keras komputer
    Hardware komputer merupakan perangkat komputer yang dapat disentuh, dilihat dirasakan, yang berfungsi untuk mengoperasikan komputer yang terdiri dari input dan output sebagai interface dengan user. Tanpa hardware ini tidak ada yang namanya komputer. Karena, semua hardware inilah yang saling berkaitan yang dijalankan melalui sistem operasi pada komputer, agar user dapat mengakses fungsi – fungsi dari hardware ini. Perangkat keras atau hardware dasar komputer terdiri dari, Motherboard, CPU (Processor), RAM (Random Access Memory), VGA (Video Graphic Adapter), Power Supply (PSU), Monitor, DVD Rom, Mouse dan Keyboard.
  2. Software atau perangkat lunak komputer
    Software merupakan perangkat komputer yang tidak memiliki bentuk, tidak dapat disentuh, dan dirasakan, tapi hanya bisa dilihat. Software ini berfungsi sebagai penghubung Antar muka (interface) user dengan hardware. Tanpa software hardware komputer ini pun tidak dapat berfungsi. Tanpa software, Anda hanya akan melihat hardware – hardware ini berputar karena aliran listrik. Tapi, tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya atau tidak dapat menggunakan input dan outputnya.
  3. Network atau jaringan komputer
    Salah satu fungsi dasar dari komputer adalah salih terkoneksi atau terhubung, yang dapat memudahkan penggunanya menyelesaikan pekerjaan walaupun berada ditempat berbeda dari tempat kerjanya, inilah fungsi dari jaringan pada komputer. Sekarang pengemabangan jaringan komputer sudah semakin besar. Anda dapat mengakses informasi Negara lain hanya melalui komputer dengan menggunakan koneksi internet. Bukan hanya informasi yang dapat Anda dapatkan ketika menggunakan jaringan internet komputer. Anda bahkan bertemu dan bertatap langsung dengan teman atau keluarga Anda yang berada di kota atau Negara yang berbeda dari tempat tinggal Anda, tapi hanya dalam bentuk video saja belum dapat saling bersentuhan.
  4. Troubleshooting dan perawatan komputer
    Troubelshooting sangatlah penting untuk pengetahuan Anda tentang komputer. User yang sudah bisa troubleshooting biasanya sudah pada level rata – rata. Karena, sesuai dengan arti troubleshooting itu sendiri adalah mampu menganalisa kerusakan dan juga memperbaiki kerusakan pada komputer. Orang yang sudah bisa troubleshooting ini biasanya juga merawat komputer dengan baik agar komputer Anda bisa awet dan tahan lama. Tapi, bagi Anda yang ingin bisa melakukan troubleshooting komputer, Anda harus memahami point pertama sampai point ketiga dari artikel diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *