1.Nyalakan PC (Komputer atau Laptop), kemudian masuklah ke Menu BIOS.

nyalakan laptop

Tips: Supaya bisa masuk ke MENU BIOS, SAAT menyalakan Laptop atau Komputer seperti gambar diatas, tekan terus-menerus dengan cepat tombol F2, pada beberapa laptop merk lain tekan Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer.

Catatan: Pada sebagian merk laptop mungkin juga sambil menekan tombol “fn” bersamaan dengan F1/F2 dst, agar tombol tersebut berfungsi.

2.Masuk ke Menu BIOS. Pada MENU BIOS aturlah booting pertama.

menu bios

Catatan: Gambar diatas merupakan contoh masuk ke menu “BIOS” atau “Setup Utility”, tampilan ini beraneka ragam tergantung merk.

3.Aturlah Booting Awal. Cari Menu Tab Boot untuk mengatur Booting Pertama.

bios setup

Tips: Arahkan Boot Pertama Jadi CD-DVD atau Flashdisk sesuai keinginan, Tampilan ini pun beraneka ragam tergantung merk. Ubah “Boot” pertama pada Menu “BIOS” Ke CD/DVD atau Flashdisk, namun jika dari Flashdisk ubah boot pertama ke Flashdisk, ini diperlukan agar “Booting” pertama kali membaca media CD/DVD Windows 7 atau Flashdisk.

Catatan: Khusus untuk booting pertama dari flashdisk, maka harus masukan terlebih dahulu flashdisk sebelum menyalakan komputer atau laptop.

4.Simpan Pengaturan BIOS. Klik Exit dan kemudian Exit Saving Changes dengan mengklik Yes.

save setup configuration

Tips: Komputer atau Laptop akan segera “Restart” dari DVD. Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Windows 7 “Installer” ke Drive DVD, sebelum “restart”.

5.Mulai Booting Pertama. PC akan mulai booting dari DVD Windows 7 Installer.

press any-key

Tips: Klik Apa saja pada keyboard, misalnya klik “Enter” dan waktunya hanya 5 detik, kalo 5 detik ga di klik, proses tidak akan terjadi, harus “restart” lagi.

6.Tunggu proses. Pada Langkah ini tidak melakukan apapun.

loading installation

7.Pilih Bahasa. Pilihlah Bahasa English, kemudian Klik Next.

setelan bahasa

8.Mulai Proses Instal. Klik Install Now untuk memulai instalasi.

install now

9.Konfirmasi Persetujuan. Klik I accept the license terms, kemudian Klik Next.

persetujuan

Tips: Klik untuk Persetujuan instalasi.Pilih opsi lanjutan.

10.Pilihlah opsi lanjutan atau advanced untuk instalasi file sistem windows 7.

advanced install

Tips: Pada Langkah ini, sangat penting, Klik “Custom advanced”. Langkah ini artinya akan menginstal Windows 7 dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.Atur partisi.

11.Aturlah partisi sesuai yang dikehendaki.

setup disk partition

Tips: Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi yang akan di-install Windows 7 yang Baru. Gambar diatas merupakan contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias (C:), dan Ketiga Data alias (D:).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *