1. Lindungi Komputer Menggunakan Firewall

Firewall adalah perangkat yang dapat menjadi dinding pelindung antara komputer dan internet. Lalu apa yang kita dapatkan dari menggunakan firewall ini? firewall berfungsi sebagai alat saring untuk memilah file yanng tentunhya akan merugikan kita seperti file-file berbahaya berupabmalware, virus ataupun sejenisnya yang kita peroleh dari internet. Firewall kini tersedia di berbagai toko komputer yang siap untuk kita pakai.

2.Jauhkanlah dari Benda Bersifat Cair

Seperti halnya benda elektronik lainnya, komputer rentan sekali terhadap benda cair, seperti air, minyak dan lainnya. Apabila komputer kita tersentuh oleh benda cair maka sama dengan benda elektronik lainnya ini akan berpotensi menimbulkan konsleting dan merusak perangkat – perangkat yang terdapat di dalam komputer.

3.Hindarkanlah dari Api

Tak perlu penjelasan panjang lebar mengenai hal yang satu ini. api bisa sangat merusak komputer kita. Kita pasti tidak mau ketika api melahap komputer kita dan hanya menyisakan abu untuk kita.

4. Jauhkan dari Benda yang Memiliki Unsur Magnetik

Benda magnetik akan menimbulkan kerusakan pada harddisk kita. Terlebih lagi mahalnya harga harddisk saat ini akan menimbulkan kita mengalami kerugian apabila mengalami kerusakan dsebabkan oleh hal yang sepele semacam ini.

5.Gunakanlah Komputer Sewajarnya

Jangan menggunakan komputer dalam waktu yang lama apabila tidak memiliki kepentingan terhadapnya. Apabila kita sering menggunakan komputer dalam waktu yang sangat lama, kinerja komputer akan semakin melemah. Dan disarankan untuk melakukan restart apabila kita menggunakan komputer dalam waktu yang lama, misalnya 10 jam lebih. Cara ini dilakukan bukan tanpa tujuan. Melakukan restart akan menormalkan kembali program-program yang terdapat pada komputer kita.

6.Matikanlah Sesuai Prosedur yang Benar

Jangan asal menekan tombol power untuk mematikan komputer, karena ini akan sangat berpotensi menimbulkan kerusakan. Sudah sepantasnya kita melalui prosedur yang benar dalam segala hal apabila tidak ingin mengalami salah bahkan kerusakan. Cara memtikan komputer yang benar yaitu; klik start button lalu klik shutdown.

7.Gunakan Antivirus

Sebagai langkah pencegahan dari bahaya virus yang tentunya tidak kita inginkan, sebaiknya kita menggunakan program antivirus untuk menangkal serangan program jahat berupa virus yang sangat merusak ini. berbagai pilihan antivirus telah tersedia untuk kita pergunakan.

8.Bersihkan File Sampah

Penumpukan sampah sudah pasti akan menimbulkan sesuatu hal yang tidak baik. Lalu bagaimanakan caranya untuk dapat membersihkan file samapah? Mari kita uraikan langkanya; klik logo windows (start menu) lalu klik pilihan Run, dikolom pencarian tuliskan “cleanmgr” lalu klik Ok atau tekan Enter. Lalu kita tinggal memilih dimana sampah yang akan dibersihkan. Opsi lain kita juga menggunakan aplikasi yang bernama Ccleaner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *