Pernahkah anda mendengar kalibrasi baterai atau Battery Calibration? Kalibrasi baterai diperlukan ketika Windows tidak mampu mengenali seberapa banyak power yang masih tersisa di dalam baterai. Akibatnya, laptop anda akan mati tiba-tiba. Windows sudah mengatur laptop agar otomatis melakukan hibernate, jika power tersisa 8%. Nah, jika Windows tak mampu mengenali banyak power yang tersisa dibaterai, maka laptop akan mati tiba-tiba.

Selain itu, karena faktor alami dimana baterai berbasis lithium-ion akan berkurang kapasitas power-nya entah itu karena umur, penggunaan, dan panas. Jadi, melakukan kalibrasi sangatlah penting, agar laptop anda tidak mati secara tiba-tiba akibat kesalahan pembacaan power remaining oleh windows.

Berapa kali kita harus melakukan kalibrasi baterai?

Anda tidak perlu sering-sering melakukan kalibrasi baterai. Cukup sekali dalam 2-3 bulan. Dengan melakukan kalibrasi baterai, pembacaan power yang tersisa akan lebih akurat.

Bagaimana cara melakukan kalibrasi baterai?

Beberapa perusahaan komputer memberikan software agar anda bisa melakukan kalibrasi baterai dengan mudah. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website dari laptop anda.

Melakukan kalibrasi baterai secara manual

  • Lakukan pengecasan hingga 100%
  • Jika pengisian telah anda anggap penuh silahkan cabut adaptor laptop anda, dan biarkan laptop menyala terus sampai daya baterai habis atau laptop kondisi padam/mati.

Catatan: Dianjurkan untuk tidak menggunakan laptop selama 2 tahap diatas untuk hasil lebih maksimal. Serta pastikan pengaturan power plan tidak di set untuk melakukan sleep atau mematikan layar laptop anda. Jika komputer anda masuk ke mode “Power Saving” ketika anda tidak di depan komputer, proses kalibrasi baterai tidak akan berjalan maksimal.

  • Kemudian diamkan beberapa saat agar kondisi baterai istirahat karena mungkin terjadi panas.
  • Jika sudah selesai, lakukan pengecasan kembali hingga 100%. Anda dapat menggunakan komputer seperti biasa.

source : diambil dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *