Hai-hai sobat Internusa Optima, semoga sehat sehat semua yaa…

cak mimin mau coba sharing nih, Tips Memasang CCTV Agar Efisien sesuai dengan kebutuhan dan keamanan saat pemasangan. Oya, artikel ini hanya sekedar sharing saja menurut yang cak mimin pernah lakukan di lapangan. Jika ada perbedaan pemikiran ya wajar aja, namanya juga manusia xixixixi 😀

Sebelum melakukan deal harga, cak min sarankan untuk melakukan survey lokasi terlebih dahulu yaa..

Berikut tips-tips yang dapat kalian lakukan saat pemasangan :

1. Pemilihan Tipe Unit CCTV.

Saat akan memasang CCTV tentunya Anda sudah menentukan / merencakan lokasi mana saja yang akan terpasang CCTV dan untuk memantau area apa saja. Dari lokasi tersebut dapat kita pilih tipe unit CCTV yang akan kita pasang, apakah CCTV indoor ataukah CCTV outdoor (tahan air).

Contoh CCTV Outdoor

 

Contoh CCTV Indoor

Selain tipe tersebut (outdoor / indoor) Anda bisa mengkonsultasikan kepada vendor / jasa pemasang, cocoknya menggunakan CCTV Analog atau digital (IP Camera), CCTV kabel atau CCTV Wi-Fi, dst. Pastikan Anda mengkonsultasikan kepada vendor yang berpengalaman dalam hal tersebut. Dan tim kami didukung oleh teknisi yang sudah 10 tahun berkecimpung di bidang cctv ini. Kontak person silahkan klik disini.

 

2. Pemilihan Tipe Kabel CCTV.

Pemilihan tipe kabel ini selain sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dihasilkan, juga untuk keawetan kabel tersebut. Seringkali tim kami menjumpai di lapangan banyak klien (yang sebelumnya bukan menggunakan jasa CV Internusa Optima lalu menggunakan jasa kami karena ada permasalahan) mengeluh belum 1 tahun tapi kabel sudah putus. Setelah kami lakukan cek ternyata kabel existing tidak sesuai peruntukan yang tepat. Seperti jalur instalasi melalui outdoor yang terpapar sinar matahari tetapi menggunakan kabel indoor, ada juga jalur instalasi yang seharusnya kabel terlindungi oleh pipa conduit tetapi tanpa conduit, dst.

CCTV analog menggunakan kabel coaxial yang terdiri dari 2 tipe, jenis RG59 untuk indoor dan RG6 untuk outdoor.

Kabel RG6 + power

 

Kabel RG59 + power

CCTV Digital (IP Camera) menggunakan  kabel LAN yang memiliki banyak jenis, seperti kabel UTP untuk indoor, dan kabel STP atau bisa juga FTP untuk pemasangan area outdoor.

Kabel FTP yang memiliki lapisan pelindung tambahan aluminium foil

 

Kabel UTP

Perihal pemilihan kabel, Anda bisa mengkonsultasikan kepada kami yang berpengalaman dalam hal tersebut. Dan tim kami didukung oleh teknisi yang sudah 10 tahun berkecimpung di bidang cctv ini. Kontak person silahkan klik disini.

 

3. Aksesoris Pendukung CCTV.

Kamera pengintai atau biasa kita sebut CCTV tentunya memiliki banyak aksesoris pendukung agar berfungsi optimal. Diantaranya yakni :

> Dekoder (DVR / NVR)

Dekoder CCTV berfungsi untuk merekam hasil dari gambar CCTV, memiliki 2 jenis, yakni DVR (Digital Video Recording) untuk CCTV Analog dan NVR (Network Video Recording) untuk CCTV Digital / IP Camera.

Salah Satu Contoh DVR brand Hikvision

> Storage / Media Penyimpanan (Hardisk, Micro SD)

Hardisk, Micro SD berfungsi untuk menyimpan hasil rekaman CCTV. Ada banyak jenis hardisk dipasaran dan CCTV ini sangat disarankan untuk menggunakan jenis hardisk surveillance. Karena pada jenis tersebut memang dirancang khusus aktifitas write , berbeda dengan hardisk PC yang sering melalukan aktifitas read . Untuk lebih jelasnya mengenai write dan read pada hardisk, Anda bisa membaca artikel yang banyak beredar di internet.

Salah Satu Contoh hardisk CCTV Ukuran 1TB

> Adaptor / powersupply

Adaptor / powersupply memiliki peranan yang sangat penting, karena bertugas untuk memberikan sumber daya DC pada sistem CCTV.  Ada banyak adaptor dipasaran mulai dari tegangan DC 12V, 24V, 48V dst… dengan arus DC 1A, 2A, 3A, 5A, 10A, dst…

Contoh Powersupply Brand Hikvision

> Konektor – konektor

Untuk instalasi CCTV analog dibutuhkan 2 macam konektor, yakni konektor BNC (Balun) untuk gambar dan konektor male/ female DC untuk tegangan DC. Sedangkan pada CCTV digital (IP Camera) menggunakan konektor RJ45.

Konektor Balun

 

Konektor BNC

 

Konektor Male/Female DC

 

Konektor RJ45

> Perangkat pendukung khusus untuk instalasi IP Camera

Instalasi CCTV IP Camera tentunya membutuhkan beberapa perangkat pendukung untuk mengirim sinyal / data gambar, diantara switch hub (bisa PoE maupun non PoE), Wi-Fi Access Point, PoE adapter, dll

Switch / Hub

 

Accesspoint

Informasi mengenai aksesoris pendukung CCTV, Anda bisa mengkonsultasikan kepada kami yang berpengalaman dalam hal tersebut. Dan tim kami didukung oleh teknisi yang sudah 10 tahun berkecimpung di bidang cctv ini. Kontak person silahkan klik disini.

 

> Aksesoris Pelindung

Ada berbagai macam aksesoris pada sistem CCTV, seperti housing CCTV, box panel, bracket CCTV, pipa conduit, kabel duct, dll yang mana cak mimin tidak bisa menjelaskan satu persatu secara detil karena Anda bisa cari artikel nya di google. Xixixixixi 😀

 

4. Topologi Instalasi CCTV.

Seperti yang telah cak mimin jelaskan pada point 1 diatas bahwa pada instalasi CCTV terdapat 2 metode, yakni CCTV Analog dan CCTV Digital (IP Camera). Mengenai apa perbedaan pada 2 metode tersebut, Anda bisa membaca artikel – artikel kami dibawah ini:

 

5. Update Pengetahuan Teknologi CCTV.

Teknologi IT dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam waktu yang sangat singkat, dan ini tentunya berpengaruh pada CCTV yang selalu mengalami update. Teknisi tentunya harus dibekali pengetahuan yang mumpuni. Seperti contoh ketika melakukan survey lokasi yang akan dipasang, apakah cocok untuk dipasang CCTV Analog atau IP Camera, CCTV Kabel atau Wi-Fi, Perlukah Accesspoint, dll. Karena hal-hal tersebut berpengaruh pada efektifitas pemasangan yang mana sangat berkaitan erat dengan budget yang dianggarkan. 🙂 

Anda jangan sungkan dan ragu untuk mengkonsultasikannya kepada kami yang berpengalaman dalam hal tersebut. Dan tim kami didukung oleh teknisi yang sudah 10 tahun berkecimpung di bidang cctv ini. Kontak person silahkan klik disini.

 

Jika Anda masih kurang faham dengan artikel diatas, atau ada pertanyaan seputar CCTV ??? Langsung aja hubungi kami disini.

Gak usah sungkan gaesss. Tanya gratiss kok.. 🙂

___________
#cctvsurabaya #cctvMurahSurabaya #cctvMojokertoGresik #cctvgresik #cctvMalang #cctvJombang #cctvMurah #cctvSidoarjo #CCTVPasuruan #CCTVJawaTimur #cctv #ipkamera #ipCamera #hikvision #Hilook #infinity #jasaPasangCCTV #bakulCCTV #Jasawebsitesurabaya #softwareAplikasi #jasainstalasiJaringan #LAN #fiberOptic #jasaPembuatanAplikasi #MultimediaProject #PABX #Internusaoptima #JASAINSTALASIPABX #wdpurple #Hardisk #seagateSkyhawk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *