Kamera CCTV saat ini bukanlah suatu peralatan yang mahal lagi, sebab sudah banyak produk-produk mulai dari “CCTV Kacangan” sampai kepada “CCTV Professional” sehingga dilihat dari segi harga sangat bervariasi dipasaran… Sebagai calon konsumen yang akan memakai CCTV untuk sistem security sebaiknya anda terlebih dahulu menentukan kegunaan CCTV. Kalau untuk sistem keamanan 24 jam sebaiknya memilih yang bagus (professional) tapi kalau hanya untuk monitoring saja boleh2 saja memakai yang kacangan…. tetapi kalau dihitung-hitung dari segi kualitas gambar, ketahanan dan garansi lebih baik memilih yang bagusan…. soalnya yang murah bakalan nggak tahan…. gambarnya juga nggak bagus…..

OUTDOOR GCA 2721

DOME GCA 2720

DVR GDS 8404-2

Berikut Panduan cara memilih kamera CCTV :

– Tentukan posisi kamera, dipasang di indoor atau outdoor
– Merekam (recording) atau hanya monitoring.
– Dipakai 24 jam atau hanya jam kerja saja.
– Tentukan budget anda.
– Pilihlah camera CCD, jangan yang CMOS, karena CCD memiliki sensor pencahayaan yang lebih bagus dari pada CMOS sehingga gambar yang dihasilkan juga lebih bagus.
– Jangan mudah percaya dengan paket CCTV yang murah, tanyakan betul secara detail peralatan apa saja yang masuk didalam paket. Kamera yang digunakan apa, kabelnya berapa dan apa sudah termasuk ongkos pasang, banyak konsumen yang terjebak karena ditotal nanti lumayan juga nilainya.
– Teliti kabel yang dipakai, apakah standard untuk CCTV atau kabel TV, yang murah biasanya memakai kabel TV, tandanya ada di jacknya atau di ukuran kabelnya, kalau jacknya memakai RG 59 berarti yang bagus tapi kalau jacknya spt jack TV itu yang murah, efeknya dikualitas gambar.
– Apakah bergaransi atau tidak, ini yang mesti ditanyakan ke penjual. Barang yang bagus biasanya bergaransi minimal 1 tahun, yang tidak biasanya diberi garansi 3-6 bulan atau tidak sama sekali.
– Bagaimana purna jual, hal ini penting jika CCTV anda bermasalah, apakah sipenjual/pemasang siap dipanggil setiap saat untuk memperbaiki kerusakan atau trouble pada CCTV anda…?
– Jika anda sudah menentukan pilihan pastikan melihat sendiri dan mengawasi pemasangan CCTV dan jangan biarkan kabel-kabel terlihat diluar apalagi untuk kamera yang dipasang diluar (outdoor), karena mudah bagi pencuri untuk memotong/mematikan CCTVnya.

dan kami, cv. internusa optima, selalu berusaha mewujudkan poin-poin diatas. 🙂

regards,

CV. Internusa Optima

project depo Hino

sumber: diolah dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *